Powered By Blogger

fotoku

Rabu, 20 Januari 2010

kasus century / ( kompas )

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Delapan mengaku menemukan sejumlah fakta terkait kasus Bank Century dalam rangkaian pencarian dan verifikasi fakta kasus Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah. Tim tak menampik ada kaitan antara kasus Century dengan kasus Bibit-Chandra meski dalam rekomendasi, fakta Century hanya sebagai latar belakang dan fakta pelengkap.

Dalam keterangan pers di Kantor Wantimpres, Senin (16/11), anggota Tim Delapan Anies Baswedan mengatakan fakta dan temuan terkait kasus Century menjadi hal yang tak mungkin diselesaikan oleh tim karena keterbatasan mandat tim. Kategori temuannya juga berada di luar kewenangan tim. Namun, Anies memastikan fakta dan temuan tersebut akan diteruskan melalui rekomendasi untuk ditindaklanjuti oleh Presiden dan pihak yang berwenang.

"Jadi ada hal-hal yang mungkin tidak kita selesaikan. Kita sampaikan untuk difollow-up oleh pihak-pihak terkait, tidak semata-semata ditindaklanjuti oleh Tim Delapan," tutur Rektor Universitas Paramadina ini.

Salah satunya, soal rekaman antara Kabareskrim nonaktif Komjen Pol Susno Duadji dan pengacara Budi Sampoerna, Lucas. Rekaman ini dibuka oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di bawah koordinasi Tumpak Hatorangan Panggabean ketika memberi klarifikasi di depan Tim Delapan.

Anies masih enggan menerangkan temuan terkait kasus Century yang ada. Namun Anies memastikan ada hubungan antara temuan ini dengan kasus Bibit dan Chandra. "Kalau kita jelaskan (soal temuan), kita nanti jelaskan rekomen. Yang penting dari sisi ini, dari sisi bailout enggak ada kaitannya. Itu hanya background bukan sebagai utamanya," tandas Anies.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya